Senin, 19 April 2010

ORGANISASI RUANG

1. Organisasi Terpusat

Organisasi terpusat merupakan merupakan suatu organisasi ruang yang mempunyai suatu ruang pusat yang cukup besar yang juga berfungsi sebagai patokan untuk penyusunan dan pengumpulan ruang – ruang sekunder yang ada di sekitarnya.

2. Organisasi Linear

merupakan organisasi ruang yang terdiri dari sederetan ruang – ruang yang berulang. Organisasi semacam ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu bentuknya yang cukup fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan bermacam – macam kondisi tapak, organisasi linear juga dapat menghubungkan dirinya dengan ruang – ruang yang lain di luar organisasi ruangnya menurut arah panjang organisasi linear, dapat dijadikan sebagai pemisah antara dua kawasan yang berbeda.

3. Organisasi Radial

Organisasi ini merupakan penggabungan dari organisasi ruang terpusat dengan organisasi ruang linear. Komposisi dari organisasi radial adalah organisasi radial mempunyai satu ruang pusat yang dominan dan dikelilingi oleh ruang – ruang linear yang berkembang mengikuti arah jari – jarinya. Oragnisasi ruang radial mempunyai beberapa kesamaan dengan organisasi ruang terpusat yaitu kedua organisasi ruang ini mempunyai satu ruang pusat yang menjadi dasar atau patokan untuk mengembangkan ruang – ruang lain yang ada di sekitarnya, mempunyai deretan ruang – ruang sekunder yang berkembang disekitarnya. Disamping itu ada juga perbedaan yang terdapat dari kedua organisasi ruang ini yaitu dari sisi visualisasi organisasi ruang terpusat merupakan sebuah bentuk introvert yang lebih memusatkan pandangannya kea rah ruang pusatnya, untuk organisasi ruang radial lebih mengutamakan pandangan yang menyebar dari ruang pusat mengikuti arah ruang – ruang linear yang disusun sesuai jari – jarinya.

4. Organisasi Cluster ( berkelompok )

Organisasi ruang yang menggunakan cara perletakan ruang – ruang untuk menghubungkan ruang yang satu dengan ruang yang lain. Perletakan itu dapat dipisahkan lagi menjadi tiga bagian menurut bentuk ruang, letak pengelompokan ruan dan orientasi atau kondisi ruang.

5. Organisasi Grid

Merupakan organisasi ruang yang pola dan letak dari sebuah ruang diatur oleh pola grid. Kekuatan pola grid dalam visualisasi akan terlihat jelas apabila mepunyai tata letak yang teratur. Dalam penyusunan ruang menurut polagrid juga biasanya terbentuk ruang – ruang positif dan juga ruang – ruang negative.

Referensi :

www.google.com

www.wikipedia.org

ARSITEKTUR Bentuk, Ruang, dan Tatanan oleh FRANCIS D.K CHING



Nama : Frans Y Pelamonia

NPM : 20308052

Kelas : 2 TB 01

Mata Kuliah : Teori Arsitektur 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar