Selasa, 08 Juni 2010

PENGERTIAN RUANG

Pengertian ruang atau space berasal dari bahasa Latin spatium yang berarti ruangan atau luas (extent) sedangkan ruang dalam bahasa Yunani yaitu tempat (topos) atau lokasi (choros) dimana ruang memiliki ekspresi kualitas tiga dimensional. Kata oikos dalam bahasa Yunani yang berarti pejal, massa dan volume, dekat dengan pengertian ruang dalam arsitektur, pengertian ini sama halnya dengan kata oikos yang berarti ruangan (room).
Dalam pemikiran Barat, Aristoteles mengatakan bahwa ruang adalah suatu yang terukur dan terlihat, dibatasi oleh kejelasan fisik, enclosure yang terlihat sehingga dapat dipahami keberadaanya dengan jelas dan mudah. Sedangkan dalam pemikiran timur, menurut Lao Tzu, "yang tidak nyata justru menjadi hakekatnya, dan dinyatakan dalam bentuk materi". Sebuah ruang tidak memerlukan pembatas yang jelas/tegas, tetapi lebih mengandalkan perasaan. Ruang bisa terbentuk lewat berbagai macam cara seperti perbedaan ketinggian, perbedaan warna dan bahan, lighting, dll.


Ruang dalam pengertian barat


Ruang dalam pengertian timur

Sebagai bentuk tiga dimensi, ruang sangat terkait dengan volume. Seacara konsep, sebuah volume mempunyai tiga dimensi yaitu panjang, lebar dan tinggi. Sebagai sebuah ruang, tentu volumenya dapat dianalisis dan dipahami. Ruang sendiri merupakan suatu daerah/ space yang dibentuk oleh tiga unsur yaitu titik, garis dan bidang. Titik atau yang sering kita sebut sebagai bagian paling ujung dari sebuah objek merupakan daerah pertemuan bagi beberapa bidang, sedangkan garis atau sisi merupakan daerah perpotongan antara dua buah bidang yang kemudian membentuk sebuah ruang serta bidang atau permukaan sebagai objek yang membentuk volume dari sebuah ruang atau memberikan batas – batas terhadap volume sebuah ruang.



Ruang sebagai sebuah bentuk tiga dimensi mempunyai dua jenis ruang antara lain:
1. Ruang kosong ( void )
2. Ruang isi ( solid )


Ruang Void


Ruang Solid

Ruang kosong (void) merupakan sebuah ruang yang hanya dibatasi oleh bidang – bidang pembentuk ruang itu sendiri. Sedangkan ruang isi (solid) merupakan ruang yang mempunyai masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar