Selasa, 08 Juni 2010

BUKAAN RUANG

Ruang merupakan sebuah daerah atau tempat di mana semua aktivitas yang dilakukan oleh mahkluk hidup terjadi di dalamnya. Khususnya untuk manusia, keberadaan sebuah bangunan yang bisa dijadikan sebagai sebuah ruang gerak memang sangat diperlukan hal ini bertujuan untuk melindungi manusia dari berbagai ancaman yang ada di lingkungan sekitarnya. Selain berfungsi sebagai tempat berlindung, ruang yang yang ditempati oleh manusia juga harus memenuhi beberapa kriteria salah satunya adalah adanya bukaan – bukaan yang mempunyai fungsi untuk memberikan suatu suasana yang terbuka atau dalam hal ini mengurangi perasaan terjepit yang dialami oleh manusia pada saat berada di dalam sebuah ruang tertutup, memberikan kemudahan dalam pencapaian, serta memberikan kontinuitas visual dengan ruang atau lingkungan yang ada di sekitarnya.

Untuk memenuhi semuah kebutuhan akan bukaan – bukaan tersebut, maka bangunan dilengkapi dengan pintu dan jendela. Keberadaan pintu dalam sebuah ruang tentunya sangat dibutuhkan. Pintu – pintu yang berada dalam sebuah ruang berfungsi sebagai penentu arah gerak dalam sebuah ruang, memberikan kemudahan pencapaian untuk menemukan ruang – ruang yang ada di dalam sebuah bangunan seperti yang telah dijelaskan di atas, serta memberikan jalan masuk ke sebuah ruang.



Sedangkan jendela yang terdapat pada sebuah ruang merupakan sarana untuk membangun hubungan visual dengan ruang – ruang yang ada di sekitarnya serta menciptakan sebuah ventilasi alami di dalam ruangan.



Bukaan – bukaan ruang yang terdapat dalam sebuah bangunan juga biasanya berfungsi sebagai penentu arah orientasi bangunan terhadap keadaan alam dan lingkungan. Selain itu seperti yang telah dijelaskan di atas, bukaan – bukaan pada sebuah ruang juga berfungsi untuk membangun sebuah hubungan yang kontinuitas antara ruang yang ditempati dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Untuk memenuhi semuanya itu, maka diperlukan bukaan yang cukup untuk menciptakan hubungan yang langsung antara ruang dalam dengan lingkungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar